Rabu, 13 Juni 2012

Berburu Hanbok, pakaian tradisional Korea di Gedebage


image: web
Oleh: Eka Merdekawati K.S dan Vinda Karuna Mudita
Anda penggemar kebudayaan Korea dan mencari Hanbok? Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea, kini dapat anda temukan dengan mudah di Gedebage. Aneka warna dan motif Hanbok ini ditawarkan di salah satu kios di Gedebage.
Berbeda dengan kios lainnya di Gedebage yang menawarkan kaos, celana, rok hingga jaket, kios yang satu ini justru menawarkan pakaian tradisional Korea yang masih jarang ditemukan di Bandung. Seluruh kios milik Nana ini dipenuhi aneka warna dan model Hanbok. Sama seperti kios lainnya, pakaian tradisional Korea ini juga didapat dari luar Indonesia.
Hanbok memiliki bentuk yang unik dengan rok yang panjang dan tebal, serta atasan yang seperti cardigan namun panjangnya hingga dada. Tidak hanya untuk perempuan, Hanbok ini juga tersedia untuk para lelaki. Hanbok untuk lelaki memiliki atasan yang panjang dan juga celana.
Umumnya, Hanbok memiliki warna yang cerah dengan motif yang sederhana. Pakaian tradisional ini biasanya dipakai secara formal dan semi formal oleh masyarakat Korea pada perayaan dan acara-acara festival tradisional.
Di kios ini, Hanbok dengan aneka warna dan model ditawarkan. Ya, kiosnya ini memang khusus menjual Hanbok dan menjadi satu-satunya kios di Gedebage yang menjual Hanbok. Di sini, pembeli tidak harus membeli satu stel Hanbok, tapi dapat membeli per potong, atasan atau bawahannya saja.
“Bebas mau beli roknya aja atau atasannya aja. Awalnya saya pesimis orang mau beli potongan gini, tapi ternyata justru banyak yang beli potongan begini”, ujar Nana, pemilik kios, sambil tersenyum.
Kios yang sudah mulai berjualan Hanbok sejak enam tahun lalu ini, tak pernah sepi pengunjung. Awalnya, pembeli pakaian Hanbok ini adalah ibu-ibu jamaah haji atau pengajian. Mereka sengaja membeli rok Hanbok karena bentuknya yang mirip baju muslim.
Sejak demam Korea mulai melanda remaja Indonesia, pendapatan yang didapat Nana ikut bertambah. Para remaja ini mulai ramai berdatangan ke kios Nana untuk membeli Hanbok. Tak hanya mereka yang terkena demam korea yang datang untuk membeli Hanbok. Beberapa siswa sekolah Korea pun sering mampir ke kiosnya untuk membeli Hanbok ini.
Menurut Nana, dirinya memang sengaja berjualan Hanbok ini. Selain unik, dirinya ingin menawarkan dagangan yang berbeda dari pedagang lainnya di Gedebage.
“Dulu ada yang nawarin Hanbok ini, tapi gak ada yang ambil. Karena saya lihat di Gedebage rata-rata jualan sama, jadi saya ambil aja Hanbok ini. Saya ingin berbeda dari mereka,” jelas Nana.
Harga Hanbok yang ditawarkan Nana cenderung murah bila dibandingkan harus membeli Hanbok di toko. Untuk rok saja, dirinya menawarkan harga mulai dari Rp30.000, sedangkan untuk atasan Hanbok harga yang ditawarkan mulai Rp70.000 dan harga satu stel Hanbok mulai dari Rp300.000. Cukup murah jika harus membeli Hanbok di toko dengan harga jutaan bukan?(hh)

6 komentar:

Maria Hutagalung mengatakan...

Tolong kirim alamat tokonya Mba

Nita mengatakan...

Mba, minta tolong kirimkan alamat tokonya jg ya, sy lg cr hanbok buat anak cowo. Thx

LeeViaHan mengatakan...

wahhh daerah mana sih tuh sis??

btw main ke blogku yah kalo berkenan ^_^

http://leeviahan.blogspot.com

fikri_11 mengatakan...

tlg kirim alamat tokonya ya

nonie elssera mengatakan...

pengen berat sama hanbok.... T_T

siti asmadillah mengatakan...

tolong dikirim alamat tokonya…
bisa online ga belinya?

Posting Komentar