Jumat, 27 Januari 2012

Demo buruh MM2100 Cikarang, 27 Januari 2012|Kawasan industri lumpuh


Kawasan industri MM2100 benar-benar lumpuh pada hari Jumat, 27 Januari 2012. Buruh Bekasi Bergerak benar-benar melaksanakan ancamannya yang dikeluarkan di PTUN Bandung bahwa mereka akan membuat kawasan industri Cikarang lumpuh.
Demonstran buruh mulai menyisir pabrik-pabrik yang berada di kawasan industri MM2100 sejak jam 09:00. Aksi ini membuat semua pabrik di kawasan ini harus menghentikan produksinya karena massa buruh memaksa karyawan-karyawan untuk keluar pabrik.
Massa buruh berteriak-teriak dan mengarahkan motornya ke gerbang-gerbang pabrik. Sebelumnya massa buruh telah memblokir GT Cibitung sehingga mereka leluasa bergerak di dalam kawasan.
Pemblokiran gerbang tol ini membuat kemacetan panjang di jalan tol. Kendaraan-kendaraan dan kontainer yang hendak menuju kawasan industri terhalang dan berhenti. Sementara itu mobil-mobil pribadi maupun ekspedisi yang terlanjur berada di dalam kawasan dan terjebak aksi demo memilih untuk berhenti dan parkir.
Buruh melakukan sweeping di PT LG Electronics Indonesia-27 Januari 2012
Buruh PT LG Electronics keluar pabrik
Demonstran menuju GT Cibitung-MM2100
Sweeping di depan PT Pantos-MM2100, 27 Januari 2012
Massa terkonsentrasi di perempatan-perempatan MM2100
Sweeping kedua kali di PT LG Electronics Indonesia-MM2100, 27 Januari 2012
Sweeping buruh di depan PT Mayora - MM2100, 27 Januari 2012

Buruh kembali beraksi setelah jam makan siang

Buruh dari PT AHM bergabung setelah jam makan siang

Reporter RCTI sedang melakukan peliputan aksi demo buruh Cikarang di perempatan EJIP

Demo buruh Cikarang | MM2100, EJIP, JABABEKA

Kecuali Apindo mencabut gugatan mereka di PTUN atas kenaikan upah buruh maka minggu depan 16-20 Januari 2012 akan menjadi hari-hari yang melelahkan. Tidak saja bagi buruh demonstran tetapi juga bagi khalayak yang kehidupan sehari-harinya bersinggungan, tersangkut-paut atau bahkan bergantung pada kawasan industri di Cikarang (MM2100, EJIIP, Delta Silicon, Jababeka, Hyundai).
Kawasan Industri Cikarang
Kemacetan bisa dipastikan akan terjadi karena berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh gabungan beberapa serikat buruh mereka akan menggelar aksinya di lokasi-lokasi strategis (simpul lalu-lintas). Aksi-aksi sporadis memang tidak akan memacetkan lalu lintas secara total. Tetapi berdasarkan pantauan demo pertama yang terjadi pada Rabu, 11 Januari 2012, aksinya cukup masif dan menyebabkan akses MM2100 terblokir total.
Jika aksi demo buruh di MM2100 kemarin semacam test case maka aksi demo beberapa hari kedepan bisa dipastikan akan melumpuhkan Cikarang secara total. Aksi yang berpusat di perempatan EJIIP/Lippo Cikarang dan patung kuda Jababeka akan meyebabkan poros Cikarang-Cibarusah lumpuh. Jika hal itu terjadi maka distribusi barang maupun sistim rantai pemasok industri-industri di kawasan ini akan kacau.
Sebagai contoh pabrik tempatku bekerja memiliki pemasok di Hyundai, Delta Silicon I dan Jababeka II. Katakanlah MM2100 tidak terblokir tetapi pengiriman material dari pemasok-pemasok di ketiga kawasan industri di atas terhalang maka kondisinya sama saja tidak akan bisa berproduksi.
Bagi kita yang bekerja di kawasan industri Cikarang bersiap-siaplah mencari jalan pintas. Beberapa pabrik mencoba mensiasati hal ini dengan mengubah jam kerja. Salah satunya mengubah jam kerja dari 07:00~16:00 menjadi 14:00~21:00. Ini dengan asumsi di sore hari aksi demo sudah mereda atau membubarkan diri. Akan tetapi jika aksi demo besok semilitan aksi kemarin maka tampaknya kemacetan akan terjadi sampai sore hari.
Rilis demo buruh|Buruh Bekasi Bergerak

Penghentian aksi demo Buruh Bekasi Bergerak

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates